Pengaruh Perbedaan Desain Rumah

Pengaruh perbedaan desain rumah menunjukkan dua buah perbedaan desain rumah dan alternatif denah untuk sebUah lahan. Dalam proses mendesain, memang sering kali arsitek bekerja dengan memberikan beberapa alternatif desain. Demikian pula dengan desain rumah ini, yang dibuat dengan beberapa desain. Dengan lahan berukuran ll,5xl4 m2, tampaknya cukup untuk mendesain 3 kamar tidur. Untuk alternatif 1 dan 2, dapat dilihat pada gambar-gambar berikut. 









Perbedaan desain denah alternatif 1 dan 2 terletak'pada letak kamar tidur utama dan penambahan musala. Pada akhirnya, sang pemilik memilih untuk mengambil pilihan alternatif denah 2 karena terdapat musholla dan pintu samping untuk memudahkan bila terdapat acara keluarga yang mengundang banyak orang. Karena lokasi rumah yang akan dibangun berada di daerah pedesaan maka hubungan dengan tetangga masih sangat dekat sehingga kita dapat membuat pintu samping karena lahan ini berada di area rumah-rumah tanpa pagar pembatas yang jelas. 


Perspektif denah bisa dilihat pada gambar di atas, di rnana ruang-ruang terlihat dalam bentuk 3dimensi Berikut adalah beberapa alternatif . tampilan desain rumah. 

Pada desain tampilan dan bentuk bangunan alternatif 1, atap dibuat menjulang tinggi seperti atap dari rumah-rumah bergaya kolonial Belanda, dengan'garis-garis yang sederhana dan ditunjang oleh warna yang lembut (krem) dan unsur batuan.“ Kesan menyambut terasa sangat kuat dalam desain ini. 

Desain alternatif 3 adalah pengembangan dari desain alternatif 2 di mana mengalami perubahan pada bentuk atap. Bentuk atap dibuat miring dan mengadopsi gaya arsitektur  yang sempat booming pada tahun-tahun 70-an. Dari beberapa alternatif desain di atas, kita dapat melihat bahwa bentuk dan tampilan dari sebuah desain untuk Sebuah lahan dapat bermacam-macam  Kejelian mengolah'akan'membawa pemilik pada hasil akhir desain yang baik dan indah. 
Desa|n alternatif 2 d|buat berdasarkan permintaan pemiliknya Untuk memakai sedikit warna merah Cerah Dalam  desain digabungkan dengan 
 Warna netral putih dan abuabu sehingga tampil seimbang. Sebuah teras dengan portal yang sering kali kita jumpai dalam rumah rumah dengan desain bergaya minimalis diadaptasi dari bentukan teras yang sering ada dalam  rumah-rumah tradisional untuk menyambut tamu. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Gaya Betawi

Rumah Bergaya Kolonial Modern

bangunan rumah