Rumah Gaya Betawi

Rumah terletak di lahan tengah yang memanjang ke belakang dengan lebar depan 6 m. Bagian depan rumah  teras yang sekaligus difungsikan sebagai ruang tamu. Ruang di santai.  terdiri dari ruang keluarga. kamar tidu . dan ruang makan yang meniadi satu dengan dapur. 
Teras rumah difungsikan sebagai ruang tamu sehingga sesuai dengan gaya rumah Betawi yang mengutamakan keterbukaan. Teras menjadi ruang utama dari rumah ini karena difungsikan sebagai tempat berkumpul keluarga dan kerabat dekat. Oleh karena itu. teras dirancang dengan luas 9 m2. Adanya ruang terbuka di bagian depan rumah menghasilkan fasad rumah terlihat luas dan ringan…  rumahBetawi ini diperkuat Konsep rumah Betawi ini diperkuat dengan adanya sentuhan etnik Betawi. Hal ini dapat dilihat dari bentuk teras yang menggunakan material alam, yaitu kayu pada kolom, railng, dan ornamen pada lisp

ank atap. Bentuk fai
mg mengadopsi bentuk railing dari rumah tradisional Betawi, begitu juga bentuk atap pelana dengan dua sudut yang berbeda menyerupai atap joglo. Sentuhan etnik Betawi tersebut dipadukan dengan sentuhan modern pada pintu dan jendela yang dirancang simpel dan modern menggunakan material aluminium. Adanya kisi-kisi pada iendela dan bentuk carport yang simpel juga memberi kesan minimalis modern. Pemilihan warna juga mendukung adanya kesan modern, yaitu dengan warna putih gading. Sebagian bidang dinding diberi material keramik bertekstur. Dengan demikian, perpaduan konsep etnik Betawi dan modern menjadikan rumah ini lebih menarik dan lebih luas. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Bergaya Kolonial Modern

bangunan rumah